Thursday, November 6, 2014

TIPS-TIPS MENINGKATKAN RANKING

Pastikan kalian ngga mau nilai kalian jadi yang terendah diantara temen-temen? Kalau sampe kejadian, pasti malu dong... Masa kalo ngerjain tugas, kalian ngga connect sama materinya, terus? Jalan pintasnya nyontek tanpa tau apa yang dipelajari? Masih jaman kaya begitu?

Nah kali ini mau ngasih beberapa tips cara buat ningkatin nilai kalian. Mau tau kan rahasianya? 
Okay, let’s get stared!

1.       Kerja kelompok
Dengan kerja kelompok (kerkel), kalian bisa sharing satu sama lain. Nih misalnya kejadian tuh kaya pristiwa di atas. Kalian jangan bener-bener nyontek! Kalian fahami dulu jawaban temen itu, terus kalau masih ada yang ga ngerti tanya ‘kenapa bisa begini?’ ‘kok gini sih?’ dan sebagainya.
Kalian merasa sibuk? Ga usah kerkel di rumah temen, kerkel di sekolah kan juga bisa toh...

2.     Latihan soal
Sebenernya tuh untuk (at least) menstabilkan nilai tuh ga susah! Dengan latihan soal, kita bisa lebih lengket sama jawaban-jawaban yang diminta oleh soal. Usahain deh 5 soal untuk 1 mata pelajaran per malam (syukur-syukur bisa lebih).

3.     Mengenali metode belajar
Ga semua orang metode belajarnya sama. Ada yang hanya mendengarkan, dia bisa menangkap apa yang diterangkan oleh guru, ada juga yang menghafalnya dengan cara  menulis, dan masih banyak lagi. Kenali metode belajar kalian, mana yang lebih enjoy di kalian.

4.     Cari soal yang bobotnya susah
Misalkan di suatu LKS (Lembar Kerja Siswa) ada soal yang lebih susah dibandingkan soal yang lainnya. Kerjakan duku sebisanya, kalau sudah ngestuck, tanya kepada guru. Atau, kalau lagi jalan ke toko buku, cari tuh buku-buku soal... Oh ya, manfaatin juga internet untuk mencari soal-soal tingkat tinggi.

5.     Ikut bimbel
Kalau kalian punya uang lebih, uang itu bisa dimanfaatin buat ikut bimbel. Apa lagi yang merasa nilainya kurang, dan kadang ga nyaman sama cara ngajar guru. Di bimbel kita juga ada kerja kelompok, diskusi, dan lumayan juga buat nambah temen. J

6.     Jangan benci gurunya
Emang sih, kadang guru tuh ga sesuai sama permintaan kita. Apa lagi kalau kita udah ngerjain tugas sampe larut-larut malam, eh tau-taunya dinililai asal-asalan. Kan pasti bete banget. Sebel sih emang, tapi guru kan juga manusia. Dan juga fikir dulu, apa untungnya dari kita kalo kita sebel sama guru itu? Malah kita yang dapet rugi kan?
Solusi gampangnya, minta ajarin temen di waktu luang.

7.     Jangan dibawa STRESS!
“Banyak pr nih!” “Dikira PR ga stress apa?” “Emang gurunya tau apa kita tidur jam berapa?” udah sering banget deh denger kata-kata kaya gitu. Memang sih pr itu konsekuensi jadi murid, tapi ga usah terlalu dibawa stress. Jalan keluarnya, JANGAN MENUNDA-NUNDA UNTUK MENGERJAKAN PR.kalau ada free-class atau di waktu istirahat.

8.     Perbanyak ibadah
Mendekatkan diri dengan tuhan tuh perlu banget. Karena hidup itu ga cuma kita yang ngatur, ada Tuhan Yang Maha Esa di atas sana yang mengatur. Kalau Tuhan ga menghendaki kita naik kelas, gimana tuh? Jangan sampe ya...


Nah gimana nih tipsnya?  Berani coba? Di dunia ini ga ada yang ga perlu pengorbanan. Ga ada yang langsung secara instan kita bisa dapat apa yang kita inginkan. Ayo perbaikilah cara belajar kalian!!!


0 komentar:

Post a Comment