Thursday, November 6, 2014

Caranya agar di kelas nggak ngantuk

Dalam kurikulum 2013 ini, siswa dituntut untuk masuk ke sekolah pukul 06.30 dan kembali pukul 15.00 atau lebih. Belum lagi ada kegiatan ekskul, bimbel, tugas kelompok, atau tugas individu. Hal itu kadang menyebabkan siswa tidur larut dan disekolah mengantuk, sehingga pelajaran yang disampaikan tidak tertangkap.
Kalo gitu, gimana ya caranya biar di kelas nggak ngantuk dan bisa fokus sama materi yang diberikan guru?

Kalian bisa coba tips ini deh buat mengatasi ngantuk saat belajar dikelas!!! Semoga bermanfaat yaa

1.       Posisi duduk
Guys, biar nggak ngantuk dalam belajar, perhatiin yang namanya posisi duduk. Selain biar nggak ngantuk, posisi duduk juga mempengaruhi kesehatan tulang seperti yang kalian ketahui. Kaya gini nih posisi duduk yang benar.


2.     Relaksasi sebentar
Kadang dalam menyimak materi, lama-kelamaan kita bosan dan merasa badan pegal. Nah, disaat itu kita dapat merilekskan diri, caranya atur nafas, ambil nafas-tahan-buang, lakukan 3 kali. Lalu putarkan kepala sebentar, seperti pada pemanasan saat olahraga. sebentar saja lohh!!


3. Cuci Muka
Kalo ngantuknya udah akut, minta izin sebentar ke guru buat ke toilet. Cuci muka sampe seenggaknya ngantuknya berkurang. Kalo perlu, buang air kecil biar makin rileks! Jangan lama-lama ya di toilet


4. Interaktif
Biar gak ngantuk dan gak bosan juga nih. Kalian bisa aktif di kelas saat KBM berlangsung, kalo guru jelasin anggap aja kaya lagi ngobrolin sesuatu yang asik sama guru. Kalo kurang paham nanya, kalo ada guru kasih soal bisa jawab, otmatis kita nggak ngantuk dan kita bisa mewujudkan tujuan dari kurikulum 2013 itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment