Sunday, February 16, 2014

Pesan Valentine 900 Tahun Lalu Akhirnya Terungkap

Jakarta - Akhirnya misteri dari pesan Viking yang sudah berusia 900 tahun bisa dipecahkan. Kode yang telah lama membuat teka-teki pencarian para Kriptologi ini ternyata membawa pesan yang sensual sekaligus sarat akan kasih sayang. Kode yang tersimpan di Bode Museum, Jerman dan Sigtuna Museum, Swedia ini akhirnya dipecahkan oleh orang yang mempelajari syair Viking atau disebut sebagai Runologist. Ia adalah JOnas Nordby, yang berasal dari University of Oslo. Pesan yang mengandung kode Jotunvillur ini diketahu datang dari abad ke-9. Saat memecahkan kode rahasianya ia menyedari ada pola sederhana dalam penulisan yang dimuat pada kode itu. Model penulisan seperti ini pun ia temui pada lebih dari 80 prasasti yang tersebar.
"Pada kode Jotunvillur ini, sebuah kata rahasia akan diganti dengan karakter aslinya melalui suara terakhir dari syair yang ditulis," jelasnya dilansir dari Huffington Post (13/02/2014).
Kedengarannya mudah ya? Padahal Nordby sebelumnya perlu menyaring semua kode syair yang ada di Eropa Utara, terutama di Skandinavia dan Kepulauan Ingrris.Para Kriptolog sebelumnya memprediksikan bahwa kode ini digunakan untuk mengkomunikasikan pesan-pesan rahasia. "Ini bisa jadi pesan singkat atau pesan yang dikandung memang rahasia. "Akhirnya salah satu pesan ini, berhasil dibongkar dan isinya adalah pesan 'Cium Aku'. Mungkin apa yang Nordby temukan kali ini adalah penggalan surat cinta yang sudah berusia 900 tahun. Atau pesan khusus di Hari Valentine? Apapun motifnya, peneliti kode rahasia kini layak bertepuk tangan dengan temuannya ini.

Cr: detik.com

0 komentar:

Post a Comment