Sunday, February 16, 2014

Resolusi 2014

Resolusi 2014 terdengar klise? Saatnya membuat sasaran yang lebih berenergi. Berikut saran agar lebih resolusi nggak basi:


1. Resolusi yang ‘Gue Banget’
Lepaskan variabel-variabel kontrol yang membuat anda jadi orang lain. Seperti pengaruh orang terdekat atau figur lainnya, “Kalau resolusi saya begini nanti dia gak suka.” Come on its your life. Jadi diri sendiri.Contoh resolusi yang gue banget, “sebelum bulan juni 2014 atau lebih cepat. nerbitin 1 buku non fiksi penerbitnya Gramedia sebelum februari 2014 atau lebih cepat. Atau yang sifatnya thing, “punya alat musik bass 5 senar beserta amplifiernya atau yang lebih bagus, belum april 2014, atau lebih cepat”
Yang gue banget, yang paling tahu tentang itu tentunya siapa lagi kalau bukan Lo sendiri?

2. Simplify and Priority
Ketika resolusi itu bertumpuk, yang memiliki passion dan yang asal ingin, yang penting dan yang tidak, resolusi menjadi tidak jelas.Buat kalimat yang sederhana dan mengena.Urutkan berdasar prioritas.Semua boleh ditulis, tulis dari yang paling prioritas.

Tulislah resolusi dengan tips berikut:

Key #1: Realistis dan Terukur
Boleh saja kita memiliki mimpi yang melangit, tetapi apapun mimpi yang kita miliki membutuhkan proses dan waktu. Jadi sebesar apapun mimpi anda, pecahlah dalam beberapa tahapan.Buatlah realistis, seperti contohnya bila anda menginginkan turun berat badan.Buatlah angka yang masuk akal baik secara angka maupun sisi aman untuk kesehatan.Apa gunanya turun berat badan tetapi sakit, iya nggak sih.Yang dimaksud terukur adalah anda harus memiliki angka yang pasti yang harus dicapai.Angka yang pasti tersebut akan membuat anda fokus. Jadi apapun angka yang anda buat adalah arah yang akan anda capai. Jadi bila anda memiliki resolusi yang kualitatif harus bias dijadikan kuantitatif sehingga bias diukur.

Key #2: Strategi Cantik
Biasanya yang membuat kita tidak bias mencapai resolusi adalah karena mati gaya. Maksud saya kita kalah pintar dalam membuat strategi atau cara dalam mencapainya.Strategi itu haruslah cara yang harusan dinikmati dalam melakukannya.Untuk bias membuat strategi cantik, anda harus banyak belajar dari banyak orang.Dengarkan mereka dan pahami caranya.Strategi itu haruslah beradaptasi terhadap perubahan.Kegagalan strategi digambarkan oleh Albert Einstein dalam Insanity Theory yaitu disebut gila bila “Melakukan hal yang sama terus menerus dan berharap hasilnya akan berbeda.”

Key #3: Keberhasilan menciptakan keberhasilan demikian juga kegagalan
Pada saat anda sukses maka anda telah mengirim pesan pada diri sendiri bahwa anda adalah pemenang. Anda layak untuk suskses karena anda pemenang .Demikian juga saat anda gagal, maka pesan gagal punakan terkirim pada diri anda.Oleh Karena itu ciptakan Quick Win yaitu kemenangan kecil yang terus menerus. Kemenangan yang cepat yang sangat mungkin anda raih.Dari sanalah kemenangan besaran dan mulai anda ukir.

Key #4: Gagal itu tidak ada.
Halangan terbesar dalam mencapai keberhasilan adalah ketakutan akan kegagalan. Kita ini adalah mahluk yang sangat lucu.Kita tidak mau gagal, padahal kita tahu bahwa tidak ada keberhasilan tanpa ada kegagalan sebelumnya. Kita juga tahu bahwa banyak dari kegagalan telah membuat orang kuat dan besar. Mungkin kita perlu merubah cara berpikir kita tentang kegagalan yaitu dengan memandang kegagalan dalam sudut yang berbeda. Seperti misalnya;
1. Jangan sebut itu kegagalan, sebutlah sebagai pembelajaran.
2. Bila gagal akan membawamu mencapai impianmu, maukah kamu melewatinya?.
3. Itu bukan kegagalan, melainkan hanyalah sebuah informasi yang menunjukkan seberapa efektif tindakan yang kita lakukan.
4. Sepanjang kamu tidak berhenti maka kamu tidak gagal.Apa yang kamu pikirkan adalah apa yang akan kamu rasakan.

Key #5: Sedikit itu lebih baik
Sedikit lebih baik adalah lebih baik. Maksudnya adalah tindakan kecil jauh lebih baik dari pada perkataan dan angan-angan yang besar. Mulailah dari apapun yang kamu bisa, apapun yang kamu miliki, dan apapun yang ada. Sempurna tidak pernah ada. Setiap saat adalah tentang perbaikan yang terus menerus. Menjadi lebih baik dengan terus memperbaiki diri.

Jadi, sekarang saatnya untuk bertindak dan bekerja. Tidak akan pernah ada usaha yang sia-sia.


Sumber: http://www.cicikresticonsultant.com/5-tips-sukses-membuat-resolusi/ http://kevinjulianto.blogdetik.com/2013/12/28/tes/

0 komentar:

Post a Comment